Manfaat Akar Alang-Alang Untuk Kesehatan

ALANG-alang ilalang (Imperata cilindrika L) sering dianggap sebagai gulma (tanaman penganggu). Anggapan ini sebenarnya kurang tepat, sebab ilalang hanya tumbuh di tempat yang tak ditumbuhi tanaman lain.

Lahan yang berpotensi ditumbuhi ilalang hanyalah lahan terbuka dan tidak diolah. Hampir tak pernah dijumpai ilalang di atas lahan yang ditumbuhi vegetasi lain, yang menutup permukaan tanah dari sinar matahari hingga 70 persen.

Masyarakat terlanjur jengkel dengan ilalang, sehingga memberantasnya dengan berbagai cara, mulai dari pembabatan hingga pembakaran. Tetapi jika akarnya masih tertancap kuat di dalam tanah, upaya ini sebenarnya sia-sia. Ia akan tumbuh lagi dan meninggi.

Cepat Berkembang

Ilalang sering dijumpai di lahan pertanian atau tegalan hingga ketinggian 2.000 meter dari permukaan laut (dpl). Perkembangannya sangat cepat, karena daya produksinya -baik secara generatif maupun vegetatif- amat efisien.

Selain berkembang biak dengan biji, rimpang ilalang juga memiliki kemampuan reproduksi yang tinggi. Pada setiap ruas akan tumbuh tanaman baru. Tunas pada akar rimpang ini akan berkembang menjadi tumbuhan baru dalam waktu 12 hari.

Nah, akar ilalang ini ternyata memiliki khasiat obat. Antara lain untuk mengobati penyakit darah tinggi, gangguan prostat, hingga mengatasi lemah syahwat (impotensi). Kesadaran masyarakat yang makin tinggi terhadap obat herbal yang aman dan tidak berefek samping membuat permintaan akar tanaman ilalang terus meningkat.

Untuk mengobati tekanan darah tinggi, ambilah 25 gram (gr) akar ilalang, 15 gr akar melati, dan 50 gr daun seledri. Semua bahan dirajang, kemudian direbus dengan air secukupnya. Biarkan air mendidih selama 30 menit, kemudian diangkat tanpa membuka tutupnya. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum tiga kali sehari, masing-masing satu gelas.

Untuk mengatasi prostat, ambillah 30 gr ilalang, 30 gr meniran, dan 30 gr sambiloto. Semua bahan itu dipotong-potong. Tambahkan 2,5 gelas air, lantas direbus dalam keadaan tertutup sampai mendidih selama 30 menit.

Angkatlah panci untuk merebus, namun tetap dalam keadaan tertutup. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum dua kali sehari. Jika dilakukan secara rutin, kencing menjadi lancar dan prostat teratasi. Kalau soal impotensi, ah.. banyak orang yang sudah mencoba keampuhan akar ilalang.(sumber:suaramerdeka.com)

by: Obat Herbal

Baca juga:
Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan
Keladi Tikus Sebagai Herbal Obat Kanker

0 comments:

  © Free Blogger Templates 'Greenery' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP