Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

RIMPANG temulawak mengandung minyak asiri, antara lain mirsen, p-toluil metil karbinol, kurkumin, desmetoksi kurkumin, bidesmetil kurkumin, felandren, sabinen, sineol, borneol, zingiberen, turmeron, atlanton, artumeron, ksantorizol, dan germakron.

Berbagai hasil penelitian menunjukkan efek farmakologis yang dahsyat.
Pada tahun 1987, Abdul Naser (Jurusan Farmasi FMIPA Unpad) membuktikan bahwa ekstrak air temulawak dapat menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida darah kelinci dalam keadaan hiperlipidemia, meski tidak berpengaruh pada HDL kolesterol. Itu berarti ekstrak air temulawak juga bisa digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah manusia.

Setahun kemudian, Robert Edward Aritonang dari kampus yang sama membuktikan bahwa pemberian kurkuminoid temulawak pada kelinci selain dapat menurunkan kadar kolesterol total, juga menurunkan bilirubin total dan menaikkan kadar asam empedu darah.

Bahkan Setiawan Angtoni (Farmasi-Ubaya, 1991) menemukan bahwa infus rimpang temulawak 5, 10 dan 20 % dapat meningkatkan daya regenerasi sel hati secara nyata pada tikus putih jantan yang sebelumnya mengalami kerusakan hati.

Mengatasi BB
Belum lagi berbagai penelitian di mancanegara, yang semuanya menunjukkan keampuhan temulawak dalam menjaga kesehatan dan mengobati berbagai penyakit. Setidaknya ada tujuh manfaat penggunaan temulawak.

Pertama, mengatasi bau badan (BB) kurang sedap. Caranya, siapkan satu rimpang temulawak, lalu diparut. Hasil parutan direbus dengan air sebanyak 1 liter. Setelah mendidih, biarkan sampai dingin dan diminum. Cobalah secara rutin setiap hari, selama 14 hari.

Kedua, membersihkan darah. Siapkan satu rimpang temulawak, kemudian diiris tipis-tipis dan dijemur hingga kering. Irisan ini lalu diseduh dengan air hangat, dan diminum seperti saat kita menikmati teh. Bisa juga ditambah gula merah, untuk menawarkan rasa pahitnya.

Ketiga, mengembalikan kondisi badan yang letih. Siapkan 50 gram rimpang temulawak, lantas dibersihkan dan diparut sampai halus. Tambahkan air secukupnya, kemudian direbus sampai mendidih.

Dinginkan ramuan ini, selanjutnya diminum. Lakukan hal ini secara rutin, dua kali sehari, masing-masing satu gelas. Kalau mau lebih ”jos” lagi, tambahkan madu dan/atau air gula aren.

Keempat, mengobati penyakit kuning. Kelima, mengobati demam akibat malaria. Keenam, mengatasi sembelit (sulit buang air besar). Ketujuh, memperbanyak produksi air susu ibu (ASI).

Untuk keempat jenis penyakit ini, cara mengatasinya hampis sama. Rimpang diparut dan diperas airnya, kemudian diminum. Dapat juga dengan meminum air rebusan rimpang temulawak yang telah dikeringkan. Mudah bukan ? (sumber: suaramerdeka.com)

by: Obat Herbal 

Baca juga:
Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan
Obat Herbal Masih Banyak Dicari Konsumen

0 comments:

  © Free Blogger Templates 'Greenery' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP