10/10/11

Cara Mengatasi Ejakulasi Dini Pada Pria

Ejakulasi Dini (ED) merupakan salah satu kasus gunung es dalam dunia medis, mengingat masih banyaknya pria yang enggan berkonsultasi ke dokter. Namun, ada beberapa tips awal mengatasi ED, sebelum memeriksakan diri lebih lanjut. Apa saja?

Berdasarkan American Psychiatric Associations Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders IV (DSM-IV), ejakulasi dini diartikan sebagai ejakulasi berulang atau menetap dengan stimulasi seksual yang minimal. Baik sebelum atau sesaat setelah penetrasi, dan sebelum saat yang diinginkan.

Sebuah penelitian menyebutkan, faktor psikologis seperti kecemasan berlebih, depresi, stres, dan rasa bersalah dapat menyebabkan ejakulasi dini. Pada beberapa kasus, gangguan kesehatan seperti gangguan keseimbangan hormonal, penyakit diabetes melitus, gangguan saraf dan pembuluh darah merupakan penyebab dasar dari ejakulasi dini.

Dr. Tri Rejeki Herdiana yang juga seksolog, mengatakan, sebagian besar kasus ED memang tidak diketahui secara pasti penyebabnya. Namun, bila ED dipicu gangguan organik atau keseimbangan hormon, ada beberapa tips yang dapat dicoba sebelum berkonsultasi lebih lanjut.

1. Cobalah lebih santai ketika berhubungan intim. Hindari kondisi dikejar deadline atau perasaan harus segera selesai ketika melakukannya. Tariklah napas dalam-dalam dan lakukan teknik relaksasi terlebih dahulu
2. Carilah posisi yang nyaman. Posisi woman on top akan lebih nyaman untuk pria
3. Jangan menggunakan alkohol atau obat-obatan terlarang ketika akan berhubungan seksual
4. Berlatihlah senam kegel untuk mengencangkan otot panggul dan mengontrol ejakulasi dini
5. Beberapa jenis terapi dapat diberikan bagi mereka dengan ejakulasi dini:

* Terapi seksual
Terapi seksual dalam hal ini adalah berlatih mengendalikan ejakulasi dini dengan melakukan masturbasi. Dengan teknik masturbasi yang sesuai, tidak terlalu terburu-buru, sensitivitas dan respon terhadap suatu rangsangan seksual dapat dikendalikan. Melakukan masturbasi 1-2 jam sebelum hubungan seksual juga dapat menunda ejakulasi.

* Terapi obat
Obat-obatan antidepresi dan obat bius topikal (oles) juga dapat digunakan pada keadaan ini. Namun terapi dengan obat-obatan sebaiknya didiskusikan terlebih dahulu dengan dokter

* Psikoterapi
Seperti psikoterapi untuk masalah lainnya, psikoterapi dalam hal ini bertujuan untuk mengurangi kecemasan dan stress yang dapat mempengaruhi hubungan seksual

ED terjadi pada 30% pria atau dalam kata lain 1 dari 3 pria mengalami ejakulasi dini. Jumlah tersebut belum termasuk mereka yang tidak melaporkan gangguan ini ke dokter karena alasan malu atau tidak percaya diri. Ini berarti, masih banyak pria dengan ED yang tidak terdeteksi.

Selain faktor psikologis, ED ternyata juga bisa disebabkan faktor genetik. Hal ini menyusul ditemukannya gen bernama 5-HTTLPR. Gen ini bertanggung jawab atas jumlah dan aktivitas serotonin, yaitu hormon dalam sel-sel otak yang mengontrol terjadinya ejakulasi. Pria yang jumlah serotoninnya sedikit atau kurang aktif merangsang otak, akan mengalami ED.

Dalam Journal Science, Molly Crockett, psikolog dari Universitas Cambridge menuturkan, serotonin yang juga dikenal sebagai neurotransmitter (penghantar signal saraf) menjadi target obat-obatan antidepresan, yang diyakini dapat meningkatkan agresifitas seseorang bila kadarnya dalam otak terbatas atau berkurang.

Ini berarti, kesehatan otak merupakan hal yang sangat penting dalam kasus ED. Otak yang tidak sehat dapat mengganggu sel hormon, sehingga mengurangi libido dan nafsu seksual seseorang.
Namun, kebutuhan komunikasi bagi pasangan suami-istri pun mutlak diperlukan.

Dalam hal ini komunikasi yang mencakup kepuasan dalam berhubungan seksual, meskipun hal-hal di luar hubungan intim pun juga jangan sampai terabaikan. Pasalnya, komunikasi merupakan jembatan penghubung pasutri yang efektif dan obat yang mujarab bagi pria dengan ejakulasi dini.(sumber: inilah.com)

Herbal Untuk Ejakulasi Dini Di Sini

by: Obat Herbal

Baca juga:
6 Penyebab Ejakulasi Dini Pada Pria
Manfaat Akar Alang-Alang Untuk Kesehatan

1 comments:

andi March 12, 2013 at 11:05 AM  

Ejakulasi dini menjadi momok yang menakutkan bagi para pria dan 30% pria mengalami itu. Maka diperlukan beberapa penanganan. Tapi sebelum itu harus pergi ke dokter yang ahli untuk mengetahui penyebab pastinya.

  © Free Blogger Templates 'Greenery' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP